Thursday, October 5, 2017

Pergeseran zaman web dari PC ke ponsel: Desain Responsif

Beberapa tahun ini dengan meningkatnya orang yang menggunakan ponsel beserta meningkatnya teknologinya, pada akhirnya perbandingan jumlah orang yang mengakses website melalui ponsel  melampaui jumlah pengguna PC. Sebuah hal yang wajar, teknologi baru selalu berkembang, sehingga tren selalu mengikuti.


Sebagai desainer web yang sudah mengalami berbagai periode trend website, hal ini sebenarnya sudah diprediksi beberapa tahun sebelumnya. Hanya saja beberapa periode sebelumnya, karena teknologi ponsel yang belum memadai, web desainer harus membuat 2 jenis tampilan untuk website, yaitu desktop dan tampilan sederhana untuk ponsel, 2 desain yang terpisah sendiri-sendiri.

Semakin canggihnya perkembangan ponsel smartphone, pada akhirnya tampilan website yang cantik, animasi, dan berbagai fitur yang kompleks pun bisa diakses dalam genggaman tangan. Hanya saja yang berbeda adalah: ukuran layar. Bagaimanapun tampilan di ponsel tidak mungkin sebesar layar monitor.

Masih banyak website lama yang masih menggunakan layout hanya untuk desktop,
walaupun ponsel bisa mengakses situs-situs tersebut, namun pengguna tidak nyaman dalam membaca isinya karena layout nya dirancang khusus untuk layar monitor desktop, bukan untuk layar ponsel.



Salah satu solusi yang populer saat ini adalah: desain web responsive. Dengan menggunakan web responsive, tampilan web bisa mengikuti ukuran layar, baik desktop, ponsel, dan tablet.
Dengan menggunakan responsive design, pembuat website tidak perlu repot membuat beberapa jenis tampilan untuk berbagai ukuran layar gadget, cukup 1 desain untuk semua layar.


Desain web responsive sudah seperti kebutuhan "wajib" untuk para desainer web jaman sekarang. Walaupun ada solusi lain seperti memisah sistem web untuk mobile dan desktop, namun solusi responsive dinilai paling praktis karena cukup 1 desain untuk semua layar.